Pendapat Saya tentang sebuah blog
04.00 | Author: natanael_angga

Saya mungkin termasuk blogger yang konvensional, mungkin malah termasuk kuno. Saya termasuk yang lebih suka membuat brand sebuah blog dan memperoleh keuntungan dari sana. Keuntungan yang saya maksud tidak harus berupa uang. Salah satu yang saya sukai adalah saya bisa memperoleh teman-teman baru, relasi baru, dan pengalaman baru. Tapi banyak blogger yang memang bertujuan akhir memperoleh keuntungan dari iklan adsense atau pay-per-click lainnya, atau bahkan dari menjual link.

Branding bagi saya adalah hal penting dalam bisnis yang berkesinambungan. Bukan hanya soal iklan saja. Karena itu selama ini saya berkutat dalam branding. Saya berusaha membentuk visitor yang loyal, dan terus kembali berkunjung. Saya berharap agar bounce ratenya rendah. Namun ternyata hal ini justru tidak bagus jika kita berusaha mendapatkan pemasukan dari iklan.

Setelah membaca posting tersebut, rasanya semakin jelas bahwa memperoleh uang dari blog bukanlah suatu hal yang mudah. Jika anda berharap banyak dari PPC seperti adsense, anda mungkin harus banyak berkutat dengan SEO (search engine optimation). Jika anda punya visi jangka panjang dan ingin memperkuat blog branding anda, anda harus terus berusaha menulis secara niche dan berkualitas. Dan menjaga agar anda tetap menulis itu yang paling sulit. Seringkali sebelum betul-betul memperoleh keuntungan dari blogging, blogger sudah berhenti karena bosan dan putus asa.

Sebetulnya ngeblog memang bukan soal uang. Hanya karena beberapa blogger dapat memanfaatkan blognya untuk memperoleh pendapatan, muncul pendapat bahwa ngeblog adalah soal mencari uang di internet. Dan parahnya, banyak yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi. Membuat kesan bahwa mencari uang di internet itu mudah. Ngeblog adalah soal hati. Menulislah sesuai passion anda. Jangan melulu menjadikan uang sebagai tujuan. Terutama jika anda blogger pemula. Jika anda berhasil membuat blog yang bermutu, seharusnya uang akan datang dengan sendirinya. Mungkin tidak langsung dari iklan. Tapi dari aktivitas lain. Percayalah, pendapatan iklan dari blog itu sangat kecil dibandingkan kemungkinan lain yang bisa anda dapatkan!

|
This entry was posted on 04.00 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

all about me

"blog ini hanya memberikan sedikit referensi tentang IT"


Powered By Blogger